Deretan Profesi dan Gaji Pekerjaan Lulusan Ilmu Farmasi yang Patut Diperhitungkan

By Regina Napitupulu - 9:33 AM


Ada banyak pekerjaan yang telah menanti lulusan ilmu farmasi. Mulai dari menjadi apoteker hingga bekerja di industri farmasi.  Bisa dibilang pekerjaan untuk lulusan ilmu farmasi cukup mentereng. Hal ini bisa dilihat dari penghasilan yang diperoleh. Akan tetapi penghasilan yang banyak juga harus diimbangi dengan kemampuan yang mumpuni di setiap bidangnya. Kira-kira berapakah gaji pekerjaan lulusan ilmu farmasi di Indonesia? Mari cari tahu bersama-sama.
Alasan Mengambil Jurusan Ilmu Farmasi


Ada banyak alasan yang bisa menjadi dasar untuk mengambil jurusan ini. Salah satu alasan kuat adalah memiliki prospek dan juga masa depan yang cerah. Jika ingin menjadi apoteker maka pilihan ini bisa menjadi loncatan karier. Alasan lainnya adalah kuliah di jurusan ini tidak kalah bergengsi dari jurusan kedokteran. Bahkan mata kuliah ilmu farmasi lebih sulit dari kedokteran.
Menariknya lagi lulusan ilmu farmasi yang selalu berhubungan dengan obat-obatan bisa menjadi peracik dan menciptakan obat. Selain itu juga bisa membuat apotek sendiri. Alasan lainnya adalah bisa bermanfaat untuk orang banyak karena selalu menolong sesama. Kebanyakan orang yang datang ke apotek adalah orang yang sedang sakit.
Gaji Pekerjaan Lulusan Ilmu Farmasi
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, gaji pekerjaan lulusan ilmu farmasi juga bisa dikatakan sangat menjanjikan. Pasalnya, ada banyak sekali posisi strategis yang bisa ditempati oleh alumni lulusan ini.
1. Pengusaha Apotek
Setelah selesai menyelesaikan kuliah S1 ilmu farmasi dan mengucap sumpah  profesi maka lulusan ilmu farmasi sudah bisa menjadi apoteker. Sudah menjadi apoteker berarti juga sudah mendapat izin untuk membuka apotek.
Keuntungan yang akan diperoleh ketika membuka usaha ini bisa dibilang sangat menjanjikan serta menarik. Terlebih jika apotek yang dibangun berada di lokasi yang belum memiliki saingan. Besarnya gaji pekerjaan lulusan ilmu farmasi yang membuka apotek juga dapat dipastikan sangat besar, bahkan bisa menembus puluhan juta tiap bulannya.
2. Peneliti Farmasi

Lulusan ilmu farmasi juga bisa bekerja menjadi peneliti farmasi di dunia pendidikan atau lembaga pemerintah. Sebagai peneliti farmasi biasanya meneliti potensi tanaman obat yang sangat melimpah di Indonesia. Jika menjadi peneliti di lembaga pemerintah maka ditempatkan di LIPI. Untuk penghasilan yang diperoleh disesuaikan dengan proyek penelitian yang dilakukan.
3. Konsultan Kecantikan
Tak bisa di pungkiri apabila saat ini banyak orang yang telah peduli dengan kesehatan kulit dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Sehingga tidak mengherankan jika ada banyak klinik kecantikan di Indonesia. Keberadaan klinik kecantikan ini memberikan peluang lulusan ilmu farmasi untuk menjadi konsultan kecantikan.
Tugas konsultan kecantikan adalah memberikan konsultasi mengenai produk kecantikan, produk perawatan wajah dan memberikan rekomendasi produk apa yang cocok untuk konsumen. Gaji pekerjaan lulusan ilmu farmasi yang bekerja sebagai konsultan kecantikan berkisar 2,7 juta hingga 4,5 juta setiap bulannya.
4. Quality Control
Quality Control biasanya bekerja di perusahaan industri obat, jamu maupun suplemen. Tugas dari seorang quality control adalah mengecek kualitas dan kadar suatu produk. Jika ditemukan produk yang tidak sesuai dengan standar dan kualifikasi maka akan dilaporkan kepada Quality Assurance. Gaji yang diperoleh saat menjadi Quality Control adalah sekitar 5 juta rupiah.
5. Quality Assurance
Quality Assurance menerima produk yang tidak sesuai standar dan kualifikasi yang sesuai dengan ketetapan. Tugas dari Quality Assurance adalah menganalisis apa saja yang menyebabkan suatu produk tidak sesuai. Selanjutnya mencari solusi supaya kejadian ini tidak terulang kembali. Gaji yang didapatkan oleh seorang Quality Assurance sebesar 5 juta rupiah setiap bulannya.
6. Penyuluh Kesehatan

Lulusan ilmu farmasi bisa bekerja sebagai penyuluh kesehatan dengan gaji setiap bulan sebesar 3 juta, itu belum termasuk tunjangannya. Tugas dari penyuluh kesehatan adalah memberikan sosialisasi kesehatan serta menjalankan program gaya hidup sehat pada masyarakat. Penyuluh kesehatan ini berada dibawah naungan Kementerian Kesehatan dan memiliki status sebagai PNS.
7. Tenaga Pengajar
Tenaga pengajar yang bisa diambil dari lulusan ilmu farmasi adalah sebagai guru atau dosen. Pekerjaan ini tentu merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan dan berprospek cerah di masa depan. Gaji pekerjaan lulusan ilmu farmasi yang bekerja sebagai tenaga pengajar akan ditentukan berdasarkan posisi dan jenjang jabatan yang diperoleh. Namun, dapat dipastikan akan lebih dari 4 juta setiap bulannya.
Itulah informasi mengenai gaji pekerjaan lulusan ilmu farmasi. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan ilmu farmasi? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.



  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Pengen bangettt nanti kuliah dijurusan farmasi /kedokteran ....doakan kak semoga aku dpt beasiswa❣️

    ReplyDelete