CARA NAIK SUROBOYO BUS

5:21 PM

naik-suroboyo-bus


Hello!
SUROBOYO BUS merupakan salah satu transportasi umum dan sekaligus ikon dari kota Surabaya. Kenapa transportasi umum ini bisa menjadi ikon kota Surabaya? Tentu saja, Suroboyo bus ini bisa menjadi ikon kota Surabaya karena terbilang unik. Suroboyo bus di bilang unik karena, kita bisa menaikinya GRATIS tanpa di pungut Uang tapi akan memungut Sampah kalian. Heran bukan, bagaimana sampah bisa di jadikan alat pembayaran untuk naik transportasi? Di blog kali ini aku akan ulas pengalaman aku naik Suroboyo bus dan aku bakal kasih tahu kalian bagaima sih cara naik Suroboyo bus dan apa aja rutenya. 
So, kalau kalian pingin tau, baca blog aku sampai habis ya.

Suroboyo bus ini sebenarnya sudah beroprasi kurang lebih 1 tahun dari tahun 2018 namun, aku sendiri baru mencobanya tahun 2019. Sudah beberapa kali ingin mencoba Suroboyo bus namun belum ada waktu yang pas. Beberapa bulan belakangan sekitar 2 bulan akhirnya aku mengumpulkan botol - botol air mineral yang aku gunakan demi mencoba Suroboyo bus. Aku ngumpulinnya sampai botol mineral yang aku gunain di mall aku bawa pulang ya, walaupun masih ada aja beberapa yang aku buang juga di mall. Akhirnya, setelah terkumpul cukup banyak (keliatannya) aku makin giat cari - cari waktu yang pas supaya bisa mencoba. Sangat pas - pas sekali aku mencoba Suroboyo bus PAS di hari Kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 2019 pas juga bertepatan hari sabtu pak suami pun libur kerja. Yuk, mari kita bahas petualangannya.

Dalam Suroboyo Bus

Pertama yang aku pikir waktu mau naik 
Suroboyo bus adalah mencari halte dan tempat parkir terdekat dari tempat tinggal ku. Sebenarnya, ada tempat parkir dan halte terdekat yaitu di Mayjend Sungkono. Namun, karena di pikir - pikir kalau untuk kembali kesana tidak ada halte yang dekat akhirnya kami memilih untuk naik dan parkir di jalan Adityawarman. Pas di samping tempat parkir disana berada haltenya. Di halte tersebut ada barcode yang harus kalian scan yang katanya agar bus tahu keberadaan kita di halte. Tapi, kalau dari sepengalaman aku, bus tersebut pasti berhenti di setiap halte dan scan barcode tersebut tapi aku kurang paham juga tujuannya apa. Nah, selain itu guna scan barcode ini adalah kalian bisa tahu bus apa yang akan lewat di jalur tersebut dan kalian bisa tahu rute bus itu kemana aja dan nomor bus berapa yang akan bisa kalian naiki. Jangan lupa setelah itu kalian klik bus yang kalian ingin naiki dan kalian bisa lihat bus tersebut sudah dimana posisinya. Keberadaan bus akan update setiap 10 detik sekali jadi, pastiin kalian cek. Untuk scan barcode ini pastikan kalian sudah download aplikasi Suroboyo bus ya!
Ada colokan untuk charge HP dan berfungsi

Sesampainya bus kami datang kami masuk dan di sambut oleh crew 
Suroboyo bus dan diminta untuk memasukkan 10 botol plastik yang mana masing - masing perorangnya 5 pcs. 5 pcs botol plastik yang kita masukkan ini berukuran 500 ml yah, sesudah kita masukkan kita akan di kasih crew Suroboyo bus tiket berupa kertas yang akan bisa kamu pakai naik Suroboyo bus selama 2 jam. Jadi selama 2 jam itu, kamu mau naik turun bus kemana aja Gratis! Tujuan akhir dari naik Suroboyo bus ini sebenarnya selain kembali ke tempat parkir kami, kami ingin ke Tunjungan Plaza. Untuk ke Tunjungan Plaza dari alur kami sebenarnya bisa menaiki satu bus saja namun, karena kami ingin menukarkan semua botol kami ini jadi kami memilih ke Halte Rajawali. Fyi, untuk penukaran botol dengan kartu Suroboyo bus kalian bisa mendatangi Halte Rajawali dan Halte Purabaya. Nah, untuk ke Halte Rajawali ternyata kami harus ganti bus (connecting bus) akhirnya, kami turun di Halte Raya Darmo dan berganti bus. 

Petunjuk Alur di Halte RS Darmo

Setelah berganti bus, ternyata busnya cukup penuh. Disini ada juga ibu - ibu yang hobi panik takut ketinggalan bus dan tidak bisa masuk bus. Sebetulnya untuk 
Suroboyo bus ini cukup santai di banding Trans Jakarta menurut ku. Karena, pada saat naik Suroboyo bus ini kita cukup di tunggu dan tanya ingin kemana tujuannya. Sepengalaman aku kemarin, Suroboyo bus ini tidak mau jalan kalau penumpangnya tidak tertib. Bagaimana maksudnya? di Suroboyo bus di beri peraturan bahwa di bagian belakang bus tidak boleh ada penumpang yang berdiri dan di bagian depan bus hanya penumpang wanita saja. Untuk bagian depan di bagian wanita disini kita di perbolehkan untuk berdiri dan untuk bagian tengan adalah bagian tempat berdiri pria dan wanita. Jadi, kemarin ada petugas Suroboyo bus yang mengatur atau mengamankan posisi tersebut disini tujuannya demi keamanan dan kenyamanan penumpang. Walaupun ada beberapa penumpang yang ngeyel padahal disini sangat bagus sekali demi menghindari tindakan anu anu yah. 



Sampah kita akan di masukkan disini dan di hitung

FYI

 okey, sesampainya di Halte Rajawali langsung ada yang antri buat tukar kartu Suroboyo bus. Sebenarnya aku cukup kaget karena, di bayangan aku kayak loket gitu. Taunya, hanya ada beberapa orang mas - mas yang bantu urus. Satu mas - mas nya yang akan urus administrasi kita untuk mendapatkan kartu Suroboyo bus dan mas - mas lainnya mengurusi botol plastik kita. Jadi, disana kita hitung sendiri jumlah botolnya dan baru kita beritahu ke mas - mas yang mengurus administrasi tersebut. Kalau saran aku kalian bawa botol sesuai jumlah yang tepat ya, biar jangan mubazir botol yang kelebihan biar bisa di itung minimal 1 kali perjalanan.
Aku bawa dan aku tukar

Kartu Suroboyo Bus
Setekah kita antri kita akan di tanya berapa botol yang kamu bawa dan nanti akan di minta KTP untuk syarat dan akhirnya kalian di beri kartu yang di tempelin stiker jumlah perjalanan yang bisa kalian tempuh. Kartu ini sih bisa di pakai untuk banyak orang ya, jadi aku memutuskan dengan suami 1 ktp untuk 1 kartu aja. Oh ya, botol yang aku bawa ada 9 botol 1,5 liter dan 30 botol tanggung 500 ml jadi total perjalanan ku ada 9.


Tiket untuk 2 orang yg berlaku selama 2 jam
Okey, seusai antri akhirnya kami naik bus lagi menuju Tunjungan Plaza namun karna tiket pertama kami masih di waktu yang di tentukan akhirnya kami tidak pakai kartu kami deh. Jadi nya aku bawa pulang kartu 9 kali perjalanan masih bersih banget. Nah, nanti kalau kalian mau naik lagi ya kalian bawa aja kartunya, entar pas masuk bus kartu kalian akan di plong oleh petugas dan di tukarkan dengan tiket. Sepengelihatan dan sepemahalan aku kartu Suroboyo bus ini tidak ada masa matinya jadi ya bisa - bisa aja di pakai selagi masih ada stickernya. 

Sebenarnya enak juga sih naik transportasi umum seperti Suroboyo bus ini dbuat kemana - mana. Cuma karena, harus dan wajib banget kalian bayarnya pakai botol jadi ya kalian harus nabung botol dulu deh. Aku sih ga masalah kalau ini akan terus di berlakukan tapi, aku berharap banget kalau suatu saat bakal ada banyak tempat tampung sampah untuk menukarkan tiket naik bus. Jadi, tidak mesti kita harus bawa botol setiap mau naik dan kita tidak perlu bawa botol untuk setor ke tempatnya yang mana menurut aku tempatnya hanya 2 dan cukup jauh buat kita yang tinggal di barat. Seandainya banyak tempat setornya jadi, sedikit - sedikit kita gampang buat setor dan jadi bisa lebih rajin lagi nabung dan naiknya sih menurut aku. So, untuk sejauh ini aku bakal pakai kartu aku ini kalau di weekend sekalian jalan - jalan atau sekedar keliling Surabaya. 

Aku ada record perjalanan aku naik Suroboyo Bus di Instagram dan aku Save di Highlight - SBY. Kalau kalian mau lihat versi instastory kalian bisa langsung cek ya!






You Might Also Like

3 comments

  1. Sebenernya konsepnya bagus ya, kendaraan umum gratis tp hrs ngumpulin sampah botol plastik, tp masalahnya kalau mreka pakai kendaraan ini setiap hari atau bbrp hari sekali, bingung juga mau dpt botol sebanyak itu darimana? Apa perlu beli minuman kemasan dulu tiap kali mau naik bis? Atau mungkin bis ini cuma sekedar kaya bis tingkat di jakarta yang beroprasi cuma untuk kepentingan wisata/keliling jakarta doang? aku masih mikir keras wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, minusnya memang jadi tidak bisa setiap saat sih naiknya. Jadi, kalau memang ada aja baru di gunain dan aku pribadi juga si baru hanya sekedar jalan2 aja.

      Delete
  2. Ini temenku pake bus ini buat berangkat kerja. Dia bilang sanagat terbantu sekali, jadi jauh lebih ngirit soalnya dia cari botolnya juga pas dia jalan dari kos ke jalan raya nya.

    ReplyDelete

Tweet Me!

friends

Judul