Cara Meningkatkan Instagram | Ngopi Cantik #8

11:42 PM

Hello!
Sekarang ini Instagram adalah salah satu media sosial yang cukup banyak di gunakan. Berbagai usia sekarang mulai menggunakan Instagram sebagai media sharing baik gambar, suara, dan tulisan. Tentunya banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan menggunakan Instagram. Semakin berkembangnya jaman tentunya Instagram ikut berkembang dengan memperbarui atau menambah fitur - fitur canggih di dalamnya. Fitur - fitur inilah yang sangat membantu kita untuk lebih update dalam bersharing dan tentunya mencari informasi. 

Aku sendiri tentunya juga menggunakan Instagram seperti hal - hal yang aku sebutkan sebelumnya. Ditambah itu selain aku bertemu teman - teman di dunia maya, aku menggunakan Instagram sebagai media promosi blog aku sendiri dan tentunya mempromosikan beberapa produk yang aku terima. Semakin kesini tentunya ada income yang bisa aku dapatkan dengan menggunakan Instagram namun, juga bisa di tunjang dengan kegiatan blogging aku. Maka dari itu, aku ingin sekali mengupdate kemampuan serta pengetahuan ku mengenai Instagram agar instagram aku bisa berkembang untuk lebih baik lagi.



Kali ini Beautiesquad kembali mengadakan sesi Ngopi Cantik dan mengambil tema "How To Grow Instagram". Ini adalah salah satu topik bahasan yang paling aku tunggu - tunggu semenjak adanya Ngopi Cantik ini. Ngopi Cantik kali ini menghadirkan Narasumber yang cukup kompeten di bidangnya dan dia adalah salah satu member Beautiesquad juga yaitu Tutu (@niputuchandra). Aku sendiri sebagai member di Beautiesquad cukup bangga akan prestasi yang Tutu raih hingga saat ini. Thank God aku mengetahui Tutu dari Beautiesquad sebelum Tutu memiliki followes sebanyak sekarang. Dalam artian disini aku bisa benar - benar melihat bagaimana seorang Tutu membangun konten dia di Instagram, bagaimana dia berusaha untuk berkembang dan tetap konsisten hingga sekarang ini. Maka dari itu ketika ada Ngopi Cantik 8 kali ini aku tidak berpikir panjang untuk bergabung karena, aku rasa aku perlu dan sangat perlu untuk menambah wawasanku. 

Seperti Series - series Ngopi Cantik sebelumnnya, ngopi cantik ini akan di umumkan di grup facebook Beautiesquad dan siapapun bisa mengikutinya dengan mendaftar. Jadi, apabila kalian ingin mengikuti Ngopi Cantik seperti ini pastikan kalian ikuti grup facebook Beautiesquad yah. So, langsung aja di blog ini aku bakal sharing ilmu apa aja sih yang aku dapat dari Ngopi Cantik 8 ini bersama Tutu dan teman - teman ku lainnya.

"How To Grow Instagram"
Instagram sudah memiliki 1 milyar pengguna aktif setiap bulannya. Bahkan, Instagram ini sudah di sebut - sebut sebagai salah satu media sosial terpopuler di dunia. Karena Instaram sudah di gadang - gadang sebagai media sosial terpopuler menurut Tutu kita harus memanfaatkan crowd yang ada di Instagram ini. Apalagi kita para blogger atau content creator bisa menggunakannya untuk mengajak membaca artikel, mengunjungi blog kita, dan memberikan info kepada audience bahwa kita seorang blogger / content creator

Kenapa kita harus meningkatkan Instagram?
1. Jaringan
Seperti yang disebutkan sebeumnya bahwa Instagram merupakan salah satu media sosial terpopuler didunia yang mana memiliki 1 Milyar pengguna aktif. Maka, menggunakan instagram merupakan suatu kesempatan kita untuk menjangkau banyak orang dan tentunya kita bisa meningkatkan engage kita kepada followers kita.

2. Tetap Up To Date
Di Instagram ini kita dengan gampang menemukan berita - berita terkini atau human interest apa yang sedang terjadi. Tidak hanya itu kita juga bisa tau produk - produk apa sih yang terbaru dan tentunya kalau kita terus mencari info di Instagram kita tidak akan ketinggalan informasi.

3. Mudah 
Instagram ini merupakan suau aplikasi yang mudah untuk digunakan. Kita bisa menggunakan instagram di mana saja dan kapan saja. Bahkan sangat mudah untuk kita share mengenai hal - hal yang ingin kamu share atau bahkan sekedar mencari informasi.

Definisi Instagram yang Meningkat :
1. Followers Bertambah
Ini pasti tentunya sangat mudah kita ketahui bukan? semakin banyaknya angka pada followers kita itu menandakan semakin meningkatnya angka audience kita.

2. Engagement Rate dan Metrics Meningkat
Metrics adalah salah satu unit yang bisa menjadi suatu ukuran. Biasanya ini dapat di lihat pada akun instagram business yang mana biasa di temukan di Insights.

Rumus Engagement Rate :
(Jumlah Like + Jumlah Comments) / Followers x 100
atau

Kategori Engagement Rate :
1% = Low
1% - 3,5% = Average
3,5% - 6% = High
> 6% = Really High

Metrics yang bisa kalian temui di Insights Instagram :
  • Profile Visit : Melihat jumlah akun yang mengunjungi Instagram kita dalam 7 hari terakhir.
  • Website Click : Jumlah orang yang klik link kita yang ada di bio Instagram.
  • Reach : Melihat berapa banyak pengguna instagram yang melihat postingan kita.
  • Impressions : Berapa kali postingan kita di lihat oleh pengguna instagram dan jumlah ini bisa menghitung satu user mengunjungi postingan kita berkali - kali maka, jumlahnya akan lebih besar dari Reach.

NB : Data -> Angka
*Lebih baik untuk tidak share ke sesama pengguna Instagram mengenai data Instagram kita. Kecuali suatu brand meminta spesifikasi suatu data dan ini cukup kita berikan data yang di minta saja.

Lalu, Bagaimana Cara Meningkatkan Instagram kita?
1. Kuasai Semua Fitur dan Metrics yang ada pada Instagram
Kita disini di tuntut untuk lebih mengenal fitur - fitur di Instagram misalkan pada metircs yang ada di insights Instagram kita. Menurut Tutu kita lebih baik mencatat angkanya dan buat grafiknya agar kita bisa melihat peningkatan atau penurunan yang terjadi di Instagram kita. 

2. Tentukan Niche dan Lakukan Interaksi degan Akun yang Memiliki Niche Serupa
Niche merupakan suatu pengklasifikasian akun kita. Kita perlu melihat dan membuat seperti apa konten kita, ingin membahas apa misalkan: beauty, fashion, food, dan lainnya. Setelah kita menemukan niche tersebut kita meningkatkan interaksi kita ke akun yang memiliki ke interestan serupa karena hal ini bisa menaikkan engagement instagram kita.

3. Kenali Audience / Followers
Mengenal audience instagram kita bisa membantu kita untuk mengatur strategi ketika kita posting foto, video dan juga bisa membantu kita untuk memilah kira - kira apa yang harus kita share.
Secara:
  • Demografis : Laki - laki atau Perempuan dan Usia
  • Geografis : Tinggal di kota atau negara mana
  • Psikografis : Lifestyle dari audience
  • Behavioristis : Perilaku audience


 4. Branding
Branding in menguatkan dan menonjolkan diti kita sebagai blogger maupun content creator. Kita harus memiliki cirikhas dalam konten kita. 

5. Berinteraksi dengan Audience
Interkasi di Instagram misalkan membalas komen dan membalas DM, melakukan polling, melakukan question box dan live session. Disini Tutu memberikan saran untuk kita tidak langsung membalas komen atau terlalu cepat dan langsung ketika notifikasi muncul untuk mencegah instagram tidak mengira akun kita bot.

6. Gunakan Hashtag sesuai dengan Niche kalian
Penggunaan hashtag tentunya berfungsi untuk meletakkan akun di niche yang tepat. Hindari menggunakan hashtag yang tidak sesuai dengan postingan.


Thanks to,

Beautiesquad 

x

Tutu



You Might Also Like

0 comments

Tweet Me!

friends