Skincare Untuk Kulit Berjerawat Gak Pakai Mahal

13.29

skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal

Hello,
Di blog ku kali ini, aku mau berbagi kepada teman - teman apa aja skincare yang aku pakai untuk merawat wajah aku yang berjerawat. Sudah cukup lama aku melawan jerawat dan sekarang ini merupakan masa - masa dimana wajah aku sudah cukup 'reda' dari jerawat. Karena, aku sudah merasa wajah ku sudah sangat mereda dari jerawat maka aku putuskan untuk berbagi ke teman - teman produk apa sih yang aku gunakan. Btw, untuk membasi jerawat ku ini aku udah pernah mencoba facial dan treatment di klinik untuk membasmi jerawat ku. Tidak hanya itu aku juga sudah mencoba berbagai macam rangkaian skincare dari satu brand. Namun, ada yang memberikan hasil yang makin parah, ada juga tidak memberikan hasil, namun ada juga yang memberikan hasil.

Nah, ketika aku mencoba salah satu rangkaian skincare dan memberikan hasil aku memutuskan untuk tidak melanjutkannya karena, menurut aku terlalu ribet dan mulai gak sanggup belinya. Sebenarnya brand ini bukan brand yang mahal - mahal amat tapi, tetep aja menurut ku masi menguras kantong ku. Setelah mencoba beberapa rangkaian dari satu brand maupun treatment di klinik, akhirnya aku memutuskan untuk menggunakan skincare dengan berbagai brand. Selain aku bisa mencoba - coba dari brand lain, aku juga lebih mudah menemukannya dan menyesuaikan dengan kantong. Tidak hanya itu, produk - produk yang aku pilih ini menurut aku akan menjadi step skincare yang sedikit di banding teman - teman seperjuangan lainnya. Maklum, anaknya malesan pakai terlalu banyak skincare. Oke deh, tidak perlu berpanjang lebar mari kita bahas produk - produk apa aja yang aku gunakan untuk merawat kulit berjerawatku, Tentu aja dengan skincare yang harganya ramah di kantong.

1. Micellar Water
skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal
skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal


Micellar water ini aku gunakan untuk menggantikan posisi susu pembersih yang mana menurut aku ribet banget pakainya. Micellar water ini wajib banget aku pakai sehabis bangun tidur, sebelum mandi sore, dan sebelum tidur. Menggunakan micellar water ini tentu gunanya untuk mengangkat segala kotoran yang ada di wajah aku. Aku mengambil jam - jam tersebut ( sehabis bangun tidur, sebelum mandi sore, dan sebelum tidur ) karena, aku merasa di jam - jam itu wajah aku terasa sangat kotor. 

- Sehabis bangun pagi. Ini tujuannya untuk mengangkat kotoran di wajah kita akibat kotoran yang mungkin ada di bantal atau debu yang hinggap atau karena rambut, minyak yang di hasilkan selama tidur, dan karena hal lainnya. Pokoknya sehabis bangun itu wajah terasa berat makanya aku wajib pakai. 
- Sebelum mandi sore. Nah, biasanya kita sudah habis berkegiatan seharian yang mana kita terkena debu dan polusi tidak hanya itu, sebum dan sisa makeup juga perlu kita bersihkan.
- Sebelum Tidur. Nah, kenapa sore - sore wajah kita udah di bersihkan malamnya di bersihkan lagi? Sebenernya, karena aku malam hampir rutin keluar rumah (sehabis mandi sore) maka dari itu aku harus membersihkan wajahku. Kalau seandainya aku sehabis mandi sore tidak kemana - mana aku biasanya tidak membersihkan dengan micellar water. 

Micellar water apa yang aku pakai? 
Aku pakai micellar water apa aja dan syukurnya di wajah aku cocok - cocok aja. Pokoknya segala micellar water yang lagi aku punya dan aku gampang nemuinnya. Micellar water yang paling murah yang aku pakai ada dari Ovale dan Garnier ( Rp. 25.000 - Rp. 40.000 ) Selain dua merek itu aku juga menggunakan L'oreal, The Saem, dan Nivea ( Rp. 50.000 - Rp. 130.000).


2. Facial Wash
skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal

skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal

Sehabis membersihkan wajah dengan micellar water tentunya kita akan membersihkan secara total dengan facial wash. Biasanya aku menggunakan sabun wajah pada pagi hari dan sore hari ( saat mandi ). Aku menggunakan sabun wajah cukup 2 kali dalam sehari karena, untuk mencegah kulit kita kering. Walaupun muka kita berjerawat dan cenderung berminyak, kita tidak boleh terlalu sering menggunakan sabun wajah. Facial wash yang aku gunain biasanya yang umum di temukan adalah Clean & Clear dan sekarang yang lagi aku pakai adalah Garnier. Untuk Clean & Clear yang biasa aku pakai itu ada beberapa macam yaitu Morning Energy Face Wash Brightening Berry, Foaming Facial Wash Won't Clog Pores, Deep Action Daily Pores Cleanser ( Rp. 25.000 - Rp. 30.000 ). Sedangkan Garnier yang aku gunakan yaitu Garnier Sensitive Skin ( Rp. 30.000-an ).

Aku biasanya menggunakan sabun wajah yang berbentuk gel bening karena, aku merasa sabun wajah yang seperti itu lebih ringan di wajah ku. Aku juga pernah mencoba sabun wajah untuk berjerawat namun tidak berupa gel akhirnya, di wajah ku jadi super kering dan berasa tertarik. Nah, ini dikembalikan lagi ke kalian kondisi kulitnya seperti apa. Mungkin, kalau wajahnya super oily mungkin yang tidak berupa gel akan cocok. Oh ya, kalau kalian memilih sabun wajah yang ada butirannya atau scrub, pastikan kalian pilih butirannya yang gentle agar tidak tambah melukai jerawat kita.

3. Toner
skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal

Sejujurnya aku kurang begitu paham dan merasakan efek dari penggunaan toner. Maka dari itu, toner merupakan suatu produk yang suka banget aku skip dalam rangkaian perawatan wajah aku. Untuk saat ini aku menggunakan cuka apel sebagai toner aku. Biasanya toner di gunakan menggunakan kapas kemudian di usap pada wajah atau juga di tuang ketangan dan di aplikasian ke wajah. Kalau aku menggunakan cuka apel dengan cara menyemprotkanya ke wajah aku. Disini aku menggunakannya tidak 2 kali sehari melainkan aku pakai sekali sebelum tidur. Aku pakai sebelum tidur karena, menurut aku hasilnya lebih maksimal disaat itu. Oh ya, aku menggunakan cuka apel ini tidak setaip hari karena, reaksinya di wajah aku terkadang membuat wajah aku kering. Cuka apel ini menurut aku cukup ampuh untuk membantu meredakan jerawat sehingga lebih cepat pulih dan tidak hanya itu, menurut aku cuka apel juga dapat membantu menyamarkan noda - noda bekas jerawat. 

Cuka apel yang aku gunakan yaitu dari merek Heinz ( Rp. 56.000-an). Kamu bisa pakai satu botol ini lama banget, bener - bener lama banget. Karena, kalau kalian pakai ini harus kalian oplos, oplosnya dengan air. Kalian tinggal masukkan ke botol dengan perbandingan 1 ( cuka apel ) : 3 ( air ). Kadar air lebih banyak dari cuka apel tentunya bertujuan agar cuka yang kita gunakan tidak berlebihan asamnya sehingga, baik digunakan pada kulit wajah.

4. Moisturizer 
skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal

Walau wajah kita cenderung berminyak moisturizer juga di perlukan untuk menjaga texture kulit wajah kita. Menurut aku kalau wajah kita kenyal dan texturenya baik maka penyembuhan jerawat dan spotnya akan lebih mudah. Biasanya aku menggunakan Moisturizer pada pagi hari ( sehabis mandi ) dan sebelum tidur. Dengan tujuan di gunakan di pagi hari adalah menjaga kelemebapan wajah sepanjang hari dan sebelum tidur tentunya untuk menjaga tekstur muka agar lebih halus.

Produk yang aku gunakan ini biasanya dari Garnier yaitu Garnier Pure Active Acne Care Whitening Cream ( hanya siang hari ) dan Garnier Pure Active Sensitive Acne Serum Cream ( Rp 25.000 - Rp. 35.000 ). Kedua pelembab ini menurut aku tidak membuat wajah kita semakin berminyak namun, untuk Garnier Pure Active Acne Care Whitening Cream ini hasilnya lebih kering di banding dengan serum creamnya.

5. Sun Protection
skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal

Menggunakan sun protection setiap hari itu wajib banget. Biasanya aku menggunakannya sehabis mandi pagi untuk melindungi kulit wajah ku dari sinar matahari. Seharusnya, sun protection ini di re-apply beberapa jam sekali namun, aku biasanya masih pakai sekali aja. Sun protection ini gunanya pada kulit berjerawat tentunya untuk melindungi jerawat dan dark spot kita dari sinar jahat matahari. Karena, kalau jerawat maupun dark spot langsung terkena matahari terus menerus maka penyembuhannya akan lebih susah. 

Dulu aku sempat meninggalkan sun protection dan memang aku merasakan hasilnya ketika aku kembali lagi menggunakannya rutin. Hal yang paling aku rasakan adalah dia membantu dark spot aku cepat memudar. Waktu itu aku pernah baca bahwa dark spot bekas jerawat itu juga masih agak meradang ( seperti jerawat ) sehingga, juga di butuhkan treatment. Sun Protection yang aku pakai dari Emina yang itu Emina Sun Protection SPF 30 PA +++ ( Rp. 29.000 ). Aku suka hasil yang di berikan oleh emina ini tidak menambah minyak dan tidak memberikan whitecast. Di tambah lagi harganya terjangkau dan cocok di kulit wajahku jadi, aku udah re-purchase dong. 

6. Obat Jerawat
skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal


skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal

Kalau berjerawat tapi ga ada obat jerawat rasanya kayak kurang updol aja gitu. Nah, biasa aku menggunakan obat jerawat ini satu sampai dua kali sehari, tergantung waktunya. Biasanya pas pagi sehabis mandi aku kasih atau malam sebelum tidur aku kasih dan yang wajib biasanya malam sebelum tidur. Kenapa aku pakai jarang di pagi hari? obat jerawat yang aku gunakan ada yang memiliki warna dan adapun gel bening tapi dia membuat texture di wajah ku jadi biasanya aku jarang pakai kalau mau keluar rumah.

Obat jerawat yang selalu aku gunakan yaitu dari Sariayu Sulfur dan Trisia Sophora Anti Acne Gel. Kedua produk yang aku pakai ini merupakan brand lokal dan kalau sari ayu gampang banget ya di temui namun, kalau Trisia ini harus beli online ( Rp. 25.000 - Rp. 35.000).

7. Scrub
skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal

Scrub memiliki fungsi untuk mengeksfoliasi kulit wajah kita. Selain mengangkat kulit mati scrub juga mampu memperbaiki texture kulit kita sehingga, setelah menggunakan scrub kulit wajah kita semakin halus. Apalagi kalau kulit berjerawat cenderung memiliki pori - pori besar dan kadang ada masanya di bagain pori - pori besar terasa lebih kasar dan texturenya ga baik. Nah, biasanya kalau sudah gitu perlu banget scrub agar texturenya kembali seperti semula dan membantu juga membersihkan pori - pori.

Aku biasanya melakukan scrub wajah 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Memang ada yang bilang cukup sekali aja dalam seminggu nah, kalau udah gini mending kalian liat kondisi kulit kalian. Kalian lihat sejauh mana sensitifitas kulit wajahmu dan bagaimana texturenya baru kalian lakukan scrub. Aku melakukan rutin scrub ternyata cukup membantu untuk komedo ku jadi tidak terlalu banyak dan bahkan texture muka jadi halus. Oh ya, karena kita memiliki kulit wajah berjerawat pastikan memilih scrub wajah yang gentle dan memang diperuntukkan untuk kulit berjerawat. Lakukan sirkular mode sambil sedikit di pijat namun, pelan - pelan aja. Saran ku kalau kalian ada jerawat yang sedang meradang mending hindari terkena scrub karena, dia akan semakin meradang. Scrub yang aku gunakan selalu dari Himalaya Herbals Purifying Neem Scrub ( Rp. 35.000 ). 

8. Masker

skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal
skincare-untuk-kulit-berjerawat-gak-pakai-mahal

Masih sama peruntukan memperbaiki texture wajah dan demi mendapatkan kulit sehat dan kenyal aku juga suka menggunakan masker. Dalam penggunaan masker ini aku bisa 2 sampai 4 kali seminggu. Iya, sesering itu aku menggunakan masker namun, masker yang aku gunakan berbeda - beda. Misalnya, hari pertama aku menggunakan charcoal mask yang tujuannya mengangkat sebum dan mengeringkan jerawat, besoknya aku menggunakan gel mask untuk moisturizer, besoknya lagi aku menggunkan mud mask untuk berjerawat, terus biasa aku juga menggunakan peel off mask yang memberikan hasil lembab setelah pakai namun, bisa sedikit mengangkat komedo.

Produk masker aku apa aja yang ada di rumah aku pakai deh. Biasanya aku ada mud mask, ada sheet mask, peel off mask, terus masker yang di campur dengan air. Semuanya aku pakai bergantian karena kalau kita menggunakan masker yang membuat terasa sedikit kering setiap hari maka akan tidak bagus di kulit wajah kita. Untuk sheet mask yang biasa aku gunakan selalu merek korea karena, aku lebih cocok dengan sheets mask korea di banding lainnya. Sheets mask aku waktu itu beli di Althea berbagai merek yang biasanya haragnya sekitar 15rb an tapi, sekarang ga bisa order lagi deh sedih. Nah, biasa yang aku pakai dan gampang di temuin itu mereknya Celebon ( Rp. 20.000-an ) biasa kalau Guardian ada diskon ini aku biasa beli beberapa.

Selain sheets mask aku juga menggunakan mud mask dari Himalaya Herbals Purifying Neem Mask ( Rp. 35.000 ) ini aku udah repurchase sekian kali dan sukurnya cocok di aku. Kemudian untuk peel off masknya aku menggunakan Sari ayu Putih Langsat Peel Off mask ( Rp. 30.000 ) Ini aku suka karena dia bisa melembabkan wajah ku dan sedikit mengangkat komedo. Biasanya aku kurang cocok dengan skincare yang ada embel - embel pemutih nah, yang ini cocok dah! Selain itu masker yang di campur ke air aku menggunakan Shylas I need You Mask dari white clay dan bamboo activated charcoal ( Rp. 40.000 ). Nah, kalau masker yang untuk melembabkan dan dia wash off aku menggunakan Emina Green Tea mask yang tujuannya untuk melembabkan wajah ( Rp. 25.000-an ).

Nah, ini aja si produk - produk skincare yang aku gunakan untuk merawat kulit berjerawat aku. Intinya sih dari semua ini kita harus menjaga kebersihan wajah dan terus membuat textur kulit wajah menjadi kenyal, halus, dan sehat. Semua produk ini harus di lakukan secara RUTIN agar memiliki hasil yang maksimal. Sekarang ini sih, wajah ku udah mendingan banget - banget. Biasanya aku muncul jerawat kalau aku agak lalai membersihkan wajah atau mau mens aja. Oh ya, faktor makanan juga harus kalian perhatikan ya, kalau terlalu banyak makanan yang tidak sehat pun itu akan memicu jerawat. Intinya sih buat yang berjerawat ini harus coba - coba produknya dan di lihat hasilnya kewajah. Kalau hasilnya udah bagus harus di lakukan secara rutin. Jangan lupa juga perhatikan Triger munculnya jerawat mu. Kalau kita udah bisa mengenal semuanya perawatannya akan jadi lebih mudah deh.

Segitu dulu aja, sharing ku soal produk apa aja yang aku pakai dan gimana hasilnya yang aku alami, semoga teman - teman bisa terbantu apa lagi yang mau menggunakan skincare tapi, ga banyak mengeluarkan duit. wkwkkw.



You Might Also Like

5 komentar

  1. itu masker yang paling atas kok lucu hahahaa congrats :) bisa dipake buat hadiah juga tuh heheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa ce winda,,, entar di tulis namanya di depan, gemesh banget yaak

      Hapus
  2. Obat jerawat nya sama kaya aku, tapi sariayu intensif acne care lebih nampol buat jerawat besar.

    www.hdytlinna.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Aku juga dulu suka banget pake maskernya Himalaya cos bagus buat ngurangi minyak sayang dia gak dijual lagi dikota Dumai.

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    BalasHapus
  4. aku suka banget pake maskernya himalaya, abis dibilas rasanya bersih banget. Tapi kalo kelamaan makenya bikin kulit aku kering sampe perih gitu huhuhu T.T

    sorayachaniifaa.blogspot.com

    BalasHapus

Tweet Me!

friends