Belajar Pentingnya Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Bersama Langit Amaravati | Ngopi Cantik 4

6:19 PM

Menggunakan bahasa Indonesia baik dan benar itu merupakan suatu hal yang sangat penting. Tidak hanya dalam berbicara saja membutuhkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, menulis pun perlu. Terutama bagi kita para penulis blog memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar itu harus banget, walaupun masih banyak juga dari tulisanku yang masih belum bisa mencakup itu. Penggunaan kata dan tatanan bahasa di dalam tulisan ku yang belum bisa memenuhi itu 100% ini karena aku merasa agak susah - susah gampang untuk membuatnya menjadi baik. Ada tidak sih yang merasa seperti ini? Bahkan ya, sudah ku temui sekian banyak guru bahasa Indonesia yang komplain bahwa anak muridnya memiliki nilai bahasa Inggris yang lebih bagus di banding bahasa Indonesianya, hahaha. Sejauh ini sih, aku juga gagal paham dengan fenomena ini tapi akupun merupakan salah satu murid yang seperti itu.

Mungkin ketika SD hingga SMA aku terlalu tidak mengambil pusing waktu pelajaran bahasa Indonesia. Padahal bisa di bilang yang di pelajari di pelajaran bahasa Indonesia itu banyak ragamnya dan tidak mudah mulai dari ejaan, imbuhan, SPOK dan lainnya. Setelah aku sampai di kuliah dan menulis skripsi hal ini bener - bener terasa loh, secara ketika menulis skripsi itu setiap kalimat, paragraf dan keseluruhan tulisan harus jelas alurnya dan gimana di buat semua tulisannya mengalir dan tidak mbulet. Akibat penyesalan inilah aku mulai belajar menulis lagi, walaupun masih aja jauh dari kata baik. Nah, seusai kuliah aku memutuskan untuk menulis beauty blog dan ternyata hal yang aku pelajari dari dosen - dosen mengenai penulisan akhirnya ke pakai (lagi). Kenapa kepakai lagi? Ya iyalah, menulis beauty blog kan tujuaannya untuk menyampaikan informasi kepada pembaca dan gimana pembaca enak dan nangkap ketika membaca. 



Rasa - rasa tingkat ke mahiran ku dalam menulis masih sangat - sangat jauh dari kata bagus dan aku masih suka bingung dalam memilih - mengeja kata dalam bahasa penulisan. Maka dari itu, aku membutuhkan ilmu tambahan yang tentunya mendukung dalam penulisanku. Sangat senang sekali ketika Beautiesquad kemarin mengumumkan kalau mereka mau ngadain Ngopi Cantik 4 yang bertemakan Pentingnya Pedomam Umum Ejaan Bahasa Indonesia Bagi Beauty Blogger dengan nara sumber teh Langit Amaravati. Teh Langit Amaravati ini merupakan seorang cerpenis, blogger dan desainer loh, beliau juga merupakan profesional blogger dari Wisatakata.id. Oke banget kan teh Langit? Makanya itu, aku super excited buat ikut dong, secara aku merasa sangat butuh menambah ilmu mengenai tatanan kata dengan bahasa Indonesia yang baik dari nara sumber yang oke pula. Nah, karena aku mendapat ilmu baru dari Ngopi Cantik ini tentunya, aku gak akan simpan ilmu ini sendiri. Aku juga mau berbagi ilmu yang aku dapat kepada teman - teman. Alangkah bagusnya ilmu yang di dapat bisa di bagi kepada semua, ya kan?

Apa itu Ejaan?
Ejaan didalam bahasan ini adalah kaidah penggunaan bahasa Indonesia baik dalam penggunaan tanda baca, dan tata bahasa. Ejaan di dalam bahasa Indonesia tentunya ada kiblatnya, dimana kita semua harus banget belajar dari kiblat tersebut. Kiblat didalam bahasa Indonesia itu ada dua yaitu KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) dan PUEBI ( Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia ). Dua kiblat ini yaitu KBBI dan PUEBI sesekali mengalami revisi pada beberapa katanya di karena, bahasa bersifat dinamis. Dinamisnya bahasa ini mebuat dua kiblat tersebut di perbaharui dan terakhir pembaharuannya adalah tahun 2016

Apa itu Gaya Bertutur?
Gaya bertutur merupakan gaya seseorang dalam menyampaikan sesuatu baik cerita, opini, berita dan sebagai macamnya. Dengan bahasa gampangnya gaya bertutur itu adalah seninya yang mungkin setiap orang tidak sampai dalam menyampaikannya. Biasanya para pembaca memberi label pada penulisnya, pelabelan itu misalnya santai, serius, humoris dan lainnya. Pelabelan yang diberikan itulah merupakan gaya bertutur si penulis. Disini teh Langit memberikan contoh gaya bertutur :
  • Blogger 1
    PENULIS menyebut dirinya dengan SAYA dan menyebut pembacanya dengan ANDA
  • Blogger 2
    PENULIS menyebut dirinya dengan AKU dan menyebut pembacanya dengan KAMU
Intinya, didalam penulisan blog kita ini perlu disesuaikan dengan cara kita ngobrol sehari - hari. Selain itu lebih terasa orisinil kita pasti lebih enjoy kan kalau sesuai dengan gaya kita sehari - hari. Teh Langit mengatakan ketika kita ingin memeriksa ulang tulisan kita, kita bisa memabaca keras - keras tulisan yang telah kita buat. Cara membaca tulisan dengan keras ini bertujuan agar kita bisa mendengar sendiri kata - kata yang telah di rangkai dan kita bisa menilai apakah komposisi kalimat tersebut udah pas atau belum. Ketika kita rasa belum pas kita bisa merubahnya agar menjadi lebih baik.

Pentingkah Menggunakan Tata Bahasa yang Benar?
Tentu saja penting. Apalagi bagi blogger, tata bahasa yang benar itu sangat penting karena seorang penulis yang baik harus peduli dengan teknis penulisan. Di Ngopi Canti 4 ini teh Langit menyebutkan apa aja sih manfaat dari menggunakan tata bahasa yang benar, kita liat yuk! 

  • Kredibilitas
    Kredibilitas para penulis tentunya berkaitan dengan kualitas, kapabilitas, atau kekuatan yang menimbulkan rasa percayaan yang akan dirasakan pembacanya. Disini, tentunya kredibilitas juga berkaitan dengan personal branding si penulis.
  • Pagerank
    Biasanya pagerank ini sangat - sangat di perhatikan bagi kita penulis blog. Pagerank ini sendiri tentunya sangat amat berkaitan dengan Google pastinya. Disini yang menentukan peringkat sebuah website adalah kualitas tulisan. Kualitas tulisan itu sendiri tentunya mencakup ejaan / tata bahasa dan minim typo atau salah pengetikan.
  • SEO
    Kalau masalah SEO dalam menulis blog tentunya tidak perlu di tanyakan lagi. Sangat familiar tentunya membahas SEO dan masih banyak juga yang penasaran dan terus belajar untuk menulis sesuai standart SEO. Konon katanya kalau kita sudah menulis sesuai Standart SEO tulisan kita bisa makin banyak pengunjungnya dan tulisan kita bisa muncul di halaman pertama google. Lalu, apa kaitannya SEO dengan tata bahasa? jadi, kalau misalnya ada dua artikel yang sama terbit tentunya google akan memilih memprioritaskan artikel dengan kriteria tata bahasa yang lebih benar dari pada artikal yang lainnya.
                                       
                                         
    Baca : Belajar SEO Blog Bersama Shintaries | Ngopi Cantik #2
  • Pembaca
    Tidak mungkin adanya penulis kalau tidak adanya pembaca. Kalau udah kayak  gini ceritanya, pasti pembaca merupakan orang yang teramat penting bagi kita. Untuk membuat pembaca menjadi senang membaca tulisan kita, kata teh Langit tentunya kita harus memperhatikan ejaan yang kita buat di dalam tulisan. Ejaan yang bagus di dalam tulisan tentunya akan membuat pembaca menjadi suka.
  • Monetasi
    Kalau udah membahas monetasi tentunya berkaitan dengan pendapatan. Menurut  teh Langit brand lebih menyukai tulisan yang tertata untuk mereka hire tentunya dengan ejaan bahasa yang baik dan benar.
  • Lomba Blog
    Dalam kompetisi menulis blog tentunya selain ingin mendapat rewardnya kita bisa  menggunakannya sebagai media pengasah kemampuan kita dalam menulis. Didalam lomba menulis blog itu tentunya bakal dinilai dengan tata bahasan yang apik sehingga, bisa di baca dan di terima dengan baik oleh pembacanya.
Bagaimana Belajar Tata Bahasa yang Benar?
Teh Langit mengatakan belajar tata bahasa yang benar itu terbilang mudah. Teh Langit menyarankan kita untuk sering - sering membaca buku PUEBI ( Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia ) untuk mendapatkan buku ini tentunya kita bisa membeli bukunya di toko buku dengan harga yang tidak sampai 100 ribu. Untuk yang males beli buku fisik katanya teh Langit PUEBI edisi terbaru juga bisa di unduh di internet. Jadi, mudah untuk kita dapatkan dan kita baca. Ketika kita mengalami keraguan dalam pemilihan ejaan kita disarankan teh Langit untuk langsung membuka dan membaca buku tersebut. Hal ini disarankan untuk kita bisa mengambil dan menggunakan kata yang tepa di dalam tulisan kita. 

Tidak hanya membaca PUEBI maupun KBBI untuk belajar tata bahasa yang benar melainkan, berlatih. Semua hal yang kita lakukan pasti membutuhkan latihan supaya kita bisa menjadi mahir, sama halnya dengan menulis. Untuk belajar menulis dengan tata bahasa yang benar kita bisa memulai dengan menulis artikel, blog, caption di media sosial dengan mengggunakan tata bahasa yang benar. Dengan adanya kebiasaan kita berlatih di setiap tulisan kita ini maka, peluang untuk memahami tata bahasa penulisan yang benar akan semakin besar.

Nah, ini dia ilmu - ilmu yang aku dapat dari Ngopi Cantik 4 Beautiesquad bersama Teh Langit Amaravati. Semoga ilmu yang aku dapat ini bisa membantu teman - teman juga dalam menulis blog. Mari kita mulai belajar dan baca - baca PUEBI dan KBBI demi mencapai karya tulis yang lebih baik. Oh ya, buat teman - teman yang ingin join Ngopi Canti Beautiesquad jangan kupa cek media sosialnya yah. Karena, setiap bulannya bakal di buka buat teman - teman yang ingin join Ngopi Cantik. Selamat belajar dan mencoba teman - teman!


Thanks to,

Beautiesquad 

x

Langit Amaravati
Blog /


You Might Also Like

0 comments

Tweet Me!

friends