BEAUTIESQUAD 101, Special Birthday! | NGOPI CANTIK #3

08.30

Hello!
Kembali lagi di blog aku cerita -  cerita dari Ngopi Cantik Beautiesquad nih dan sekarang udah Ngopi cantik jilid 3! Kali ini ngopi cantiknya lain dari sebelumnya karena, kali ini bahasan ngopi cantik kita akan mengupas mengenai Beautiesquad 101. Dimana seperti kita tau yang mengadakan ngopi cantik seru ini adalah Beautiesquad. Kenapa sih tema kali ini mengupas mengenai Beautiesquad? Karena, di bulan ini sedang merayakan Beautiesquad First Anniversary ! Wohooo!

Happy Birthday komunitas tersayang ku,
Beautiesquad!
Langgeng terus, semakin solid, semakin lancar dunia perbloggingannya, dan semakin Besar pastinya.
Doa terbaik untuk mu, mwah!

Mungkin teman - teman udah banyak dong ya yang tau mengenai Beautiesquad dan mungkin juga teman - teman udah banyak yang join grup facebook beautiesquad. Nah, yang belum tau dan pingin tau lebih dalam mengenai Beautiesquad yuk, baca blog aku sampai habis. Biar rasa penasarannya kalian selama ini terpenuhi.

Beautiesquad merupakan komunitas para beauty blogger yang anggotanya tidak menetap dalam satu kota. Dalam artian para anggota beautiesquad ini tersebar di berbagai kota di Indonesia. Beautiesquad ini dibentuk tentunya dengan tujuan baik yaitu untuk menyatukan para beauty blogger yang tersebar di berbagai kota. Beautiesquad tentunya juga ingin menjadi wadah bagi beauty blogger Indonesia untuk belajar dan berkembang bersama didalam dunia perbeuauty bloggeran pastinya. Ilmu - ilmu di dunia perbeauty bloggeran itu banyak banget misalnya dari cara menulis, memfoto, bermakeup dan menghadapi klien pun disini kita bisa saling berdiskusi dengan teman - teman.

Selama aku tergabung beberapa bulan di komunitas ini, aku sangat - sangat merasakan banyak ilmu yang aku bisa dapat dari teman - teman di Beautiesquad. Ilmu yang aku dapat tentunya banyak dalam hal blogging, mengingat aku baru satu tahun belakangan mulai menulis secara tiap bulannya jadi masih banyak ilmu - ilmu blog yang aku belum tau. Tapi, teman - teman di komunitas ini selalu baik dan murah hati untuk mengajari teman - teman dan aku yang belum tau banyak hal dalam dunia blog. Ditambah lagi teman - teman lain di facebook juga bisa mendapatkan ilmu - ilmu dengan Ngopi cantik ini. Memang mereka memenuhi tujuannya dengan baik deh. So, terima kasih guys, i love u full deh!

Beautiesquad lahir di bulan November 2016 yang dibentuk oleh kak Virly beserta dua teman lainnya yaitu Annisa dan Liana yang awalnya ingin membuat grup chat untuk para beauty blogger. Awal mulanya Beautiesquad ini hadir bukan dengan nama Beautiesquad melainkan beauties dan sempat juga nama ini di share di post grup Indonesia Beauty Blogger. Awal mula kenapa namanya beauties karena terkumpulnya lebih dari satu, dua orang para beauty blogger. Namun, dengan beberapa pertimbangan mereka pun ingin mengganti nama grup ini degan tujuan nama grupnya bisa menguatkan kalau ini adalah sebuah komunitas maka dari itu di tambahkanlah kata 'Squad' pada waktu itu. Kemudian, nama awal tadi beauties di gabungkan dengan kata kedua yaitu squad maka terlahirlah, BEAUTIESQUAD.

Setelah pergantian nama tersebut akhirnya di tetapkanlah Beautiesquad dengan hari lahir di 23 Novemer 2016. Dimana, tanggal ini merupakan hari pertama dimana Beautiesquad mengadakan makeup kolaborasi dengan tema 'Smokey Eyes'. Pada awal - awal terbentuknya komunitas ini, Beautiesquad menerima semua orang yang tertarik dengan kecantikan walaupun orang tersebut tidak mempunyai blog Beautiesquad tetap menerima. Seperti yang disebutkan sebelumnya awal mula founder - founder ingin membentuk karena bertujuan untuk chatting dengan para beauty enthusiast dimana saling bertemu dengan teman - teman sejawat. Akhirnya, pada awal 2017 Beautiesquad membentuk kepengurusan dan memutuskan bahwa member dari Beautiesquad harus memiliki blog agar sesuai dengan visi dan misi yang telah di buat oleh Beautiesquad.

Terbentuknya Beautiesquad dengan para member beuauty blogger akhirnyalah Beautiesquad pekerjasama dengan brand untuk pertama kalinya. Brand pertama kali yang bekerja sama dengan Beautiesquad adalah Inez cosmetics. Tidak menyangka karena kerja sama dengan Inez cosmetics ini bakal membuat dunia perbeauty bloggeran jadi ramai. Karena, dunia perbeauty bloggeran jadi ramai karena kerja sama pertama dengan Inez inilah banyak para beauty blogger lainnya ingin tergabung ke dalam Beautiesquad. Tidak tinggal diam, akhirnya pengurus langsung mengambil tindakan untuk membuat grup facebook dengan harapan beauty blogger lainnya yang tergabung didalam grup facebook Beautiesquad juga isa ikut berkembang dan bertumbuh bersama. 

Setelah Beautiesquad bekerjasama dengan Inez inilah Beautiesquad mulai ramai bekerjasama dengan brand - brand lainnya. Nah, kalau temen - temen penasaran brand apa aja yang udah bekerjasama dengan Beautiesquad yuk, merapat ke instagram beautiesquad kalian bisa klik di bagian akhir blog aku yah. Yuk lanjut, tidak hanya anggota inti Beautiesquad saja yang bekerjasama dengan brand lain Beautiesquad juga memberikan kesempatan pada member - member Beautiesquad untuk ikut bekerjasama. Sudah ada beberapa brand yang bekerja sama dengan teman - teman inti Beautiesquad maupun member - member di facebook. Nah, kalau kalian bertanya - tanya anggota inti Beautiesquad itu apa dan siapa. Jadi, anggota inti Beautiesquad ini adalah mereka yang tergabung dalam grup whatsapp yang sudah masuk Beautiesquad sebelum Beautiesquad hits seperti sekarang ini. Semenjak Beautiesquad menjadi closed group baru 2 orang dari member facebook yang berhasil masuk ke anggota inti Beautiesquad. Nah, kalau kalian penasara kenapa mereka bisa masuk dan gimana caranya pingin masuk? simak sampai habis yah. 

Oh ya, adanya ngopi cantik ini merupakan suatu program yang dibentuk oleh pengurus Beautiesquad. Pengurus Beautiesquad telah mengadakan reshuffle pada pertengan tahun ini yang kalian sudah tau bagaimana strukturnya. Tidak hanya program ngopi cantik aja tapi ada makeup kolaborasi yang selalu di adakan rutin setiap bulannya dan siapa aja boleh banget buat join. Selain itu para pengurus juga mengarahkan member facebook agar para member mampu terarah dan sesuai dengan standart blogger dan standrat Beautiesquad sendiri agar bisa masuk sebagi anggota inti Beautiesquad yang tergabung dalam whatsapp. 
Chief Officer / 2017
Anyway, beberapa waktu lalu Beautiesquad melakukan musyawarh dan memilih Chief officer terbaru yang jabatannya di pegang oleh kak Vina eska. Kali in itugas kak Vina sebagai Chief baru yaitu melaksakan visi dan misi yang udah di bentuk oleh founder Beautiesquad dan melaksanakan keputusan yang sudah di buat. Tidak hanya itu tugas chief juga membantu founder dalam memantau profres teman - teman officer (pengurus) dan memantau, membantu serta meberikan semngat kepada para member Beautiesquad. Congratz kakak Pinak, selamat mengemban tugas baru mu !

Berikut jajaran Beautiesquad officer terbaru :

Karena, sangking banyaknya teman - teman yang ingin bergabung ke anggota inti Beautiesquad maka Beautiesquad juga kasih tau nih pas ngopi cantik apa aja sih syarat biar lolos seleksi, mari kita bahas satu - satu yuk :

-Punya Blog-
Karena Beautiesquad merupakan komunitas beauty blogger maka pastinya kamu juga harus punya blog. Blog yang dimiliki harus memiliki template yang SEO friendly serta menarik. Disini kita dituntut untuk menulis blog yang menarik dan enak di baca. Tidak hanya itu tulisan atau banyak kata kita juga sesuai standart SEO, terdapat keyword - keyword didalam tulisan dan pentingnya memperhatikan tanda baca serta pilihan kata. Selain tulis menulis tentunya hal yang perlu di perhatikan adalah pengambilan foto produk apakah foto tersebut enak di pandang, tidak berantakan dan sebagainya.

-Top Level Domain - TLD-
Peraturan baru dari Beautiesquad nih! karena kedepannya Beautiesquad akan berencana bekerjasama dalam bentuk paid sponsored maka dari itu TLD ini sangat dipentingkan atau sangat diutamakan. Guna dari TLD ini kita bisa mencheck DA PA blog kita di google dan disinilah ketenaran blog kita di pertaruhkan, cekileeh


-Menulis Tentang Beauty Minimal 2 Kali Sebulan-
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Beautiesquad merupakan komunitas beauty blogger maka, di pastikan kalian harus mengulas mengenai beauty setiap bulannya. Macam - macam menulis soal beauty seperti review produk, tutorial, tips and trick, dan lain - lainya. Tinggal kalian tulis kesukaan kalian aja.

- Disiplin dan Attitude Baik-
Untuk hal ini tidak perlu di pertanyakan lah yah, dimana aja bahkan di kehidupan sehari - hari dua hal ini merupakan suatu yang penting. Dengan adanya sikpa disiplin maka semua perkkerjaan dan bahkan hidup kita jadi lebih tertata. Tidak hanya itu memiliki etika baik itu juga sangat di perlukan apalagi kita yang tergabung dalam dunia blogger yang kerjaannya berkomunikasi dengan orang lain. Memiliki etika baik itu sangat amat di perlukan, tidak hanya wajah aja kan yang cantik tapi sikap kita pun perlu cantik. 

Disiplin di dalam Beautiesquad ini bisa dimisalkan ketika kita ada makeup collab maupun sponsor produk tentunya sudah di tetapkan deadlinenya. Disini kita semua yang mengembang tanggungan harus mampu menyelesaikan tugas sesuai deadline. Apabila kita tidak bisa menyelesaikan deadline pastinya ada alasan yang masuk akan dan tentunya kalian perlu melakukan komunikasi pada pihak pengurus atau pj.  

-Memiliki FANPAGE dan Twitter-

Fanpage / Twitter
Nah, siapa nih yang facebook dan twitternya udah ga pernah aktif? kalau kalian tergabung dalam Beautiesquad kalian wajib banget mengaktifakan kedua media sosial itu. Mungkin teman - teman masih ada yang aktif di facebook tapi belum ada fanpage so, buatlah. Fanpage kita tentunya berguna untuk share segala macam mengenai blog kita dan kemudia akan kita lanjut sharekan ke grup atau akun pribadi kita. Sama halnya pula dengan twitter yang akan berfungsi sebagai media untuk menyebarkan hasil tulisan kita. So, ga hanya Instagram aja yang akti kalau perlu semua akun media sosial deh. 

- Aktif -
Sebagai beauty blogger kita juga di tuntut untuk aktif loh gengs. Mungkin bertanya - tanya aktif gimana ya di Beautiesquad toh hanya bertemu di media sosial aja. No, kamu juga di tuntuk aktif di grup, aktif menulis, aktif berkontribusi pada komunitas pastinya itu yang paling penting. Seperti apa aktif di komunitas? tentunya salah satunya adalah ikut mereview sponsor produk, tidak hanya itu rajin ikut makeup collab, ngopi cantik, dan berbagai hal yang di programkan oleh pengurus.

- Rajin Ikut Kolaborasi -
Kiri : Japanese Makeup Look, Ice Cream Inspired Makeup
Buat teman - teman yang belum bergabung dengan Beautiesquad dan ingin bergabung pastiin kalian rajin tuh ikut makeup collab yang diadakan rutin setiap bulan. Kenapa harus rajin? pentingnya kalian rajin mengikuti tiap bulannya adalah pengurus itu bisa tahu kalian. Pengurus bisa mulai mengenal kalian, bisa membaca blog kalian seperti apa dan dari situlah pengurus akan menimbang - nimbang kalian.

- Lolos dari Community Relations, Chief Officers, dan Founder -
Lolos? kaya ujian aja ya? heheh. But yeah, di sini sebisa mungkin kalian mengikuti segala kriteria yang ada sebelumnya. Pastiin kalian tidak terlewat satupun dan pastinya kalian akan di pertimbangkan. Jika kalian merasa memenuhi semua kriteria tapi ga di pilih mungkin masi ada beberapa hal lainnya yang kurang seperti suka telat deadline, tulisannya masih berlebihan dan yang paling hits sekarang adalah Followers beli! dan hal - hal negatif lainnya. I know, naikin followers gak gampang guys tapi pasti ada cara kan? ta,bah lerasi pastinya salah satu cara yang ampuh lo. Oh ya, di Beautiesquad juga memungkinkan menambah followers loh, kok bisa? Lihat deh kalau kalian ikut collab, tidak menutup kemungkinan kalian ketemu teman baru. Disana kalian bisa saling berkenalan dan follow - followan, menguntungkan kan?.

Nah, beginilah kira - kira gambaran dari Beautiesquad ini. Mungkin sebagian kalian mikir kok ribet sih? kok banyak amat sih? aku yakin deh pasti pengurus dari Beautiesquad sudah merancangnya dengan sedemikian rupa. Tentunya mereka bakal merencanakan suatu hal yang baik tidak hanya untuk komunitas tapi untuk kita sendiri member maupun calon member. Kalau di lihat - lihat dari semua kriteria tidak ada yang membuat kita rugi kan? dari setiap kriteria ini pun banyak pelajaran baru yang bisa kita ambil dan kita terapkan dalam dunia perbloggingan kita. Semoga, post aku kali ini bisa membantu teman - teman yang ingin gabung di Beautiesquad yah. Kita bakal belajar dan berkembang bersama!. :)

Oh ya, di post kali ini aku juga lagi ikutan giveaway Beautiesquad yang ke empat nih. Kali ini hadiahnya akan di kasih oleh beautiesquad dan Nihonmart. Nah, yang belum join yuk join dan kepoin medsos mereka. Klik link di bawah yah ! :)

Beautiesquad

x

Nihonmart



You Might Also Like

1 komentar

  1. Ciyeh regina.... *numpang lewat aja*

    www.vinasaysbeauty.com

    BalasHapus

Tweet Me!

friends