Belajar SEO Blog bersama Shintaries | NGOPI CANTIK #2

15.26

Hello!
Di post aku kali ini,aku ga akan membahas mengenai review - review makeup maupun skincare loh namun, aku ingin membahas mengenai SEO blog. Nah, lain banget kan dari biasa yang aku bahas di post aku namun, ini merupakan hal yang penting banget loh buat di simak apalagi bagi kita para blogger. Kali ini aku akan sharing mengenai belajar SEO blog tapi, disini aku bukan expertnya dan aku masih super receh yang ingin belajar lebih dalam mengenai SEO sendiri. Pada intinya di post blog kali ini aku ingin sharing mengenai ilmu yang aku baru dapetin di beberapa minggu lalu.

Ilmu yang barusan aku dapat beberapa minggu lalu ini berasal dari Ngopi Cantik Beautiesquad yang kedua. Sebenarnya, Beautiesquad sudah membuka ngopi cantik jilid satu namun, aku belum bisa ikut waktu itu dan akhirnya aku bisa berkesempatan mengikuti ngopi cantik jilid dua. Nah, kalau kalian penasaran apasih Ngopi cantik Beautisquad? jadi, ngopi cantik beautiesquad ini merupakan berkumpulnya para beauty blogger di media sosial whatsapp dan kegiatannya itu kurang lebih mirip seminar namun, via whatsapp. Disini seperti biasa Beautiesquad akan menyediakan tema menarik dan tentunya nara sumber yang ekspert di bidangnya, menurut ku ini canggih banget dan lebih gampang atur waktunya ketimbang kita datang ke seminar. Kalau kalian mau ikutan bisa ikutin fanpage Beautiesquad dan tungguin aja pengumuman ada ngopi cantik selanjutnya.
SEO-BLOG-REGINAPIT

Nah, itu sekilas mengenai ngopi cantik dan sekarang mari kita bahas ngopi cantik jilid dua yang bertemakan SEO blog. Kalian tau ga siapa yang di undang beautiesquad kali ini? yah, Mba Shintaries.. Busett, siapa si yang gatau mba Shinta ini? beliau merupakan founder dari Blogger Perempuan atau BP yang dimana BP sudah menaungi kurang lebih 3.000 member. Sangking terkenalnya BP ini mungkin di antara kita juga udah ada yang join di BP dan sudah sangat tidak asing dengan mba Shintaries. Oke deh langsung aja kita bahas mengenai SEO Blog yukkkk!

Apasih SEO itu?
SEO itu merupakan Seacrh Engine Optimization dimana, SEO itu merupakan optimasi mesih pencari agar tulisan kita itu dapat di cari di mesin pencari. Keuntungannya kita belajar atau mengenal SEO lebih dalam itu biasanya tulisan kita atau blog kita dapat di temukan di halaman pertama google, siapa dong ya yang gamau tulisannya bisa dimuat di halaman pertama google. Disinilah kita akan belajar mengenai peningkatan SEO yang baik untuk blog kita.

SEO pada blog itu bisa dibilang cukup berbeda dengan website lainnya karena, blog merupakan konten yang harus diterbitkan terlebih dahulu baru, kita dapat mengoptimalkannya. Untuk kita para beauty blogger menurut mba Shinta ini merupakan suatu keuntungan bagi kita karena, blog mengenai beauty merupakan blog yang sudah memiliki tema khusus pada blog tersebut sehingga, google akan mudah mengindex blog kita. Pertama mba Shinta mengajarkan kita bagiamana atau langkah apa sih yang membuat blog kita itu jadi terindeks oleh google :

1. Otoritas Blog 
Otoritas blog merupakan, kepemilikan terhadap blog yang kita tulis. Disini google akan memprioritaskan blog yang sudah memiliki identitas dengan jelas dan kita bisa mengisinya seperti identitas pribadi hingga akun - akun media sosial kita. Nah, kalau kalian bingung bisa lihat di gambar bawah ini, ini merupakan data ku dan aku juga udah menyiapkan linknya di bawah. Otoritas blog juga bisa dikaitkan dengan Domain Authority (DA) nah, ini untuk kita para blogger pasti ga asing banget kan sola DA dan PA. Disini semakin tinggi atau semakin besar nilai DA kita maka  semakin sering blog kita terindeks oleh Google.

SEO-BLOG-REGINAPIT
https://aboutme.google.com/
2. Konten
Hal kedua yang perlu di perhatikan dalam perindeksan google ada konten kita. Konten blog kita di tuntut untuk berkualitas yang di artikan blog kita tidak boleh copy paste dari blog atau tulisan orang lain. Google mengharapkan isi konten kita merupakan murni hasil karya kita sendiri. Google juga menyukai konten yang sering update dan kata mba Shitaries tiap hari malah lebih bagus. Konten yang di maksud disini juga termasuk foto dan video yang dapat di cari atau di temukan dengan kata kunci tertentu. 

3. Template yang Bersifat Fast Loading 
Template fast loading ini memiliki peranan yang sangat besar dalam SEO karena sekita 60 - 80% kecepatan loading sangat di butuhkan. Maka dari itu, banyak di google juga yang menyediakan jasa jual template yang SEO friendly dan disini kita bisa menggunakannya untuk blog kita agar lebih baik. Blog kita akan mudah terdeteksi dan cepat terbuka apabila di dalamnya tidak terdapat banyak script, ornamen, music, dan foto berukuran besar. Mba Shinta mengatkan bahwa apabila blog kita bukan bertemplate SEO friendly kita bisa mengakalinya dengan template yang minimalis dan menghindari penggunaan Script, ornamen, music. Tidak hanya itu kita juga bisa memasukkan foto dengan maksimal lebar 600 px dan berat 300kb. Hal ini semua dilakukan agar blog kita mudah terdeteksi dan cepat untuk di buka. 

4. Mobile Site
Mobile site sendiri ini sangat perlu loh teman - teman karena, banyak readers juga melalui mobile. Karena, seperti yang kita tahu juga bahwa website, blog, serta applikasi semua dilakukan melalui mobile. Jadi ini, juga perlu di perhatikan dalam blog kita.

5. Backlink
Untuk backlink sendiri ini kita juga perlu agar lebih banyak pengunjung yang datang ke blog kita. Biasanya kita bisa mengkaitkan link kita ini dengan antar blog post kita sendiri atau dengan blog kita yang lain. Selain itu, apabila kita memiliki kerjasama sesama teman kita juga bisa menawarkan backlink dan ini akan saling menguntungkan. Dengan adanya ini blog kita akan memiliki posisi bagus di search engine.

Setelah membahas mengenai cara - cara apa sih yang membuat Google lebih mudah mengindeks blog kita atau konten kita. Sekarang kita masuk ke pembahasan bagaimana kita menuli konten. Menurut mba Shintaries kita perlu melakukan beberapa hal seperi double check sebelum dan sesudah publish blog. So mari kita bahas lebih dalam.

1. Menaruh kata kunci di Judul
Hal pertama yang kita lakukan adalah menaruh kata kunci blog kita dalam judul. Disini kita bisa membuat judul yang menarik namun, lebih baik ada kata kunci di dalamnya. Hal ini juga membuat blog kita akan mudah terindeks dan mudah di temukan.

2. Ubah Permalink
Untuk kita yang menulis blog pastinya di sebelah kanan page pada saat kita draft akan ada bagian permalink. Disini, kita bisa cek apakah link otomatis ini sudah mengandung kata kunci apa belum apabila, link tersebut belum mengandung kata kunci kita bisa merubahnya sebelum di publish.

SEO-BLOG-REGINAPIT
Setting Permalink
3. Jumlah Kata
Banyaknya jumlah kata yang kita tulis dalam blog ini ternyata juga penting. Google menyukai konten yang memiliki jumlah kata yang banyak. Kata mba Shintaries menurut riset Google lebih menyukai tulisan yang mengandung 800 hingga 1000 kata di dalam tulisan. Hal ini memudahkan tulisan kita terindeks oleh google dan mba Shinta menyarankan kita menulis minimal 1000 kata tapi, untuk beauty blog 800 kata sudah cukup.

4. Image
Sebelum kita mengupload foto pada blog kita, kita perlu resize dan rename foto kita terlebih dahulu. Untuk resize foto seperti yang disebutkan sebelumnya yakni lebar maximal 600 px dan berat 300kb. Kemudian, kita melakukan rename pada foto kita yang mana di dalam nama foto tersebut mengandung keyword didalamnya.
Contoh : nama-brand-lipstick1.jpg

5. Internal dan Eksternal Link
Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah selalu menambahkan link ketulisan di dalam blog kita. Kita juga bisa link blog kita ke blog lain atau website lain sebagai refrensi. Tidak hanya itu kita bisa menambhakn dihalaman awal mengenai related post dan read more. Ini semua yang dilakukan di dalam blog kita sendiri disebut dengan internal link. Menurut mba Shintaries kita tidak perlu menggunakan blogroll yang ada disidebar karena itu akan membuat google menganggap blog kita terlalu banyak membuat link elsternal.

6. Meta Deskripsi
Meta deskripsi ini ternyata perlu diaktifkan karena, merupakan ringkasan dari konten kita dan itu akan muncul pada hasil pencarian. Menurut mba Shintaries ini akan membuat orang akan menjadi lebih tertarik membaca blog kita. 

SEO-BLOG-REGINAPIT
Cara mengaktifkannya Klik SETTING -> SEARCH DESCRIPTION
SEO-BLOG-REGINAPIT
Setiap mau up blog menulis di deskripsi penelusuran.


Nah, ini dia kurang lebih ilmu yang aku dapat ketika aku mengikuti Ngopi cantik jidil dua bersama mba Shintaries. Sangat senang bisa di pertemukan melalui media social dengan mba kita yang jago SEO ini. So, Terima kasih buat teman - teman ku Beautiesquad yang sudah mengadakan acara ini dan mba Shintaries yang baik sekali mau membagi ilmunya kepada kami. Semoga post blog ku kali ini juga bermanfaat buat teman - teman yah. :) 

Thank to,

Beautiesquad

X

Shintaries



You Might Also Like

6 komentar

  1. Ngopi cantiknya bermanfaat banget ya, newbie kaya aku bisa lebih paham sama SEO.


    ekaakuncoro.wordpress.com

    BalasHapus
  2. aku ketinggalan ngopi cantik ini masaa :(
    padahal udah daftaaar T^T

    BalasHapus
  3. Suka banget nambah pengetahuan tentang SEO blog di ngopi cantik kali ini.
    Bermanfaat!

    BalasHapus
  4. Ini sangat berguna sekali informasinya buat aku penulis pemula, senang sekali rasanya ada yang tidak pelit ilmu dan selalu mau berbagi. Aku blm bisa buat ikut ngopi cantik karena kita berbeda kota, tetapi aku masih berharap suatu saat nanti aku bisa berkumpul sambil ngopi cantik bareng BEAUTIESQUAD :*

    BalasHapus
  5. HAI MBA REGINA!
    Wah kapan kapan harus ikut share nya yang serupa ini ya, berguna banget ilmunya...ada meta tag, dan segala macem yang sampai sekarang ternyata belum ngeh :D

    thankyou for the sharing!

    BalasHapus
  6. O begitu. Terimakasih banyak ya infonya :)

    BalasHapus

Tweet Me!

Im Part of Sociabuzz

friends