Jual Barang Second di Carousell

18.26


jual-barang-second
Belanja.. Siapa yang tidak hobi dengan salah satu kegiatan ini? Baik pria maupun wanita menyukai hal ini. Banyak hal yang ingin di beli baik kebutuhan yang di perlukan hingga, barang yang tidak di perlukan. Yah, bisa disebut lapar mata.. Lihat lucu sedikit di beli, apalagi kalau diskon? makin di beli. Hal ini paling sering banget menghampiri wanita,  nafsu dan kebutuhan seakan terlihat beda tipis.

Hmm, semakin majunya teknologi sekarang belanja dapat dilakukan dimana aja dan kapan aja. Udah ga jamannya lagi semua barang yang di inginkan baik yang di butuhkan di beli di mall. Sekarang kita sudah bisa belanja melaui laptop maupun applikasi handphone. Hal ini membuat kita lebih mudah untuk menemukan barang tidak hanya itu kita bisa lebih hemat waktu dan tenaga juga. Apalagi biasanya di applikasi - applikasi e-commerce menawarkan berbagai penawaran yang menarik. 

Banyaknya penawan yang menarik ini seperti diskon ataupun free ongkir membuat kita yang hobi belanja suka membelanjakan hal yang tidak penting sekali pun. Terkadang sesampainya barang tersebut di rumah kita baru menyadari bahwa barang tersebut tidak memiliki kegunaan yang banyak. Tidak banyaknya kegunaan barang tersebut membuat kita mengabaikannya dan hanya menjadi pajangan di rumah. 

Setelah aku mencoba barang tersebut dan bosan melihatnya berada di rumah aku memiliki inisiatif untuk menjual barang ku kembali. Dipikir - pikir kan lumayan ada uang kembali yang masuk di kantong dan bisa membeli barang lainnya lagi. Paling engga barang yang ada di rumah kita bisa berputar (Alasan aja terus, biar belanja). Atau siapa tau sudah tobat dari kebiasan berbelanja ini dan mulai ingin menabung dan membelanjakan dengan hal yang berguna. 
Waktu itu aku sempat mengikuti beberapa akun artis dan mereka juga menjual barang - barang mereka di salah satu applikasi. Aplikasi yang mereka gunakan adalah Carousell. Udah tidak asing banget kan di telinga mengenai carousell? nah, yang belum tau aku bakal jelasin apa sih carousell itu... Carousell merupakan salah satu media online yang dapat di jadikan tempat menjual atau membeli barang. Carousell ini dapat di gunakan melalui laptop ( web ) dan handphone ( applikasi ) Kita dapat mengunduhnya di play store ataupun di iOs atau di https://id.carousell.com/app .

Kalau aku pribadi biasanya akan menggunakan applikasi di handphone. Kenapa? karena aku merasa sangat mudah aja. Aku tinggal foto yang mau aku pakai dan langsung upload. Applikasi ini ringan sehingga, kita tidak perlu menunggu lama untuk melakukan prosesnnya. Bisa di bilang sangat cepat untuk menguploadnya dan itu merupakan hal yang terpenting sih bagi aku enak, mudahm dan cepat.

Disini kita dapat mencari produk berdasarkan kategori misalnya saja preloved baju wanita, properti, gadget, dan masi buanyaakk lagi lainnya. Ini memudahkan kita untuk mencari barang yang kita inginkan dan kita butuhkan loh. Disini juga dapat menemukan berbagai grup misalnya grup menjual barang branded tau second branded juga. Jadi, kita sesama pecinta barang tersebut bisa cepat mencari informasi dan menjual sesuatu.

Di caraousell ini kamu dapat menjual barang mu dan disana akan datang para peminat yang akan membeli barangmu. Di carousell kamu dapat melakukan transaksi sendiri tanpa di bantu pihak carousell. Di sini biasanya pembeli akan menghubungi kita melalui chat dan dari situlah kita berkomunikasi untuk membahas harga, pengiriman, dan bukti transfer. Pada media pesan di carousell terdapat media untuk menawar jadi, ketika kita ingin membeli barang second ataupun kita menjual pembeli akan melakukan penawaran di pesan tersebut dan kita penjualnya bisa menyetujui atau menolak tawaran tersebut. Apabila kita penjual menyetujuinya maka kita akan melanjutkan komunikasi untuk cara pembayaran. Aku pribadi sangat suka dengan media 'penawaran' karna apalagi bagi kita pemilik barang second biasanya memang barang lebih bagus untuk di tawar di tambah lagi ada mode untuk menerima dan menolak tawaran tersebut untuk mendapatkan kesepakatan. 

Transaksi jual beli di carousell ini bisa di sebut sebagai transaksi penjualan mandiri karena, untuk pengaturan pembayaran dan pengiriman kita tentukan sendiri. Karna penjualan secara mandiri ini kita bisa mensetting jualan kita apabila sudah laku atau terjual dan bisa di setting juga sedang di pesan. Biasanya aku melakukan settingan sedang di pesan apabila kita sedang menunggu customer melakukan pemayaran. Mode sedang di pesan ini juga otomatis aktif apabila kita menyetujui tawaran dari calon pembeli. Jadi, sangat bagus untuk menunjukkan status penjualan barang kita.

Di carousell ini terdapat kolom keterangan barang cukup lengkap yang terdiri dari nama produk, deskripsi produk, kategori, harga, kondisi barang (baru/second), hingga cara pengiriman pun ada. Jadi, ketika calon pembeli ingin membeli mereka bisa mendapatkan keterangan yang cukup jelas dan ringkas. Jadi bisanya meminimalisir pertanyaan bagaimana cara kirim dan sebagainya. Untuk para penjual mungkin hal ini sangat membantu karena, sudah dapat di tulis dari awal bagaimana cara pengiriman dan deskripsinya.

Di carousell ini kita bisa memberi rating sukarela pada penjual dan pembeli loh. Jadi kita bisa kasi tanda baik atau buruk. Tapi, memang hal ini tidak di wajibkan jadi makanya aku bilang sukarela. Di applikasi ini pun tersedia 'share' produk kita ke facebook hal ini, membuat seluruh teman - teman facebook kita mengetahui apa aja yang kita jual di akun carousell kita. Kita juga bisa menunjukkan akun kita di carousell dan tentunya dengan keterangan apa aja yang bakal kita jual disana. Semua di applikasi ini cukup praktis untuk melakukan transaksi. 

btw, aku disini memilih untuk menjual beberapa barang ku seperti tas dan baju loh. Barang yang aku jual second namun, ada beberapa barang yang hanya di gunakan 1 sampai 2 kali dan bahkan hanya ada yang buka segel. Soon aku akan menjual beberapa barang ku lainnya seperti makeup dan baju juga tapi, nunggu aku sortirin barang - barang aku yah :) Ayo, yang pingin lihat ada barang apa aja di carousell ku dan ingin tungguin koleksi aku lainnya buruan follow akun aku yah... Cek di akhir blog ku yah ^^

Oh, ya.. aku mau sedikit berbagi info cara berjualan yang mudah dengan carousell.. Semoga bisa membantu teman - teman yang ingin berjualan.


:: Cara Berjualan Di Carousell ::

Pertama, kalian harus membuat akun di carousell. Apabila kalian sudah memiliki akun kalian bisa langsung log in saja

Selanjutnya, kalian akan menemukan halaman seperti ini. Kalian bisa langsung klik di kanan atas "jual"


 Disini kalian bisa memasukkan 4 foto di bagian atas. Pertama kalian masukkan cover foto dan 3 lainnya detail foto barang kalian.. Lalu, isilah kolom dibawahnya seperti nama barang, kondisi, deskripsi, cara pengiriman, dan harga.
Masuk deh ke daftar jualan kamu

  Find me : @prelovedbyreginapit
 
 https://carousell.com/prelovedbyreginapit/




Fyi :
Semua penjualan yang dilakukan di carousell sama sekali tidak di pungut biaya oleh carousell loh. Jadi, kita bisa menggunakannya secara gratis :)


You Might Also Like

0 komentar

Tweet Me!

Im Part of Sociabuzz

friends